Cara Membuat Pupuk Organik Dari Sampah Rumah Tangga

Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Sampah/limbah Rumah Tangga | Kemarin Pramuka Desa Tanjung Anom telah memposting informasi tentang cara membuat pupuk organik cair sederhana menggunakan batang pohon pisang, kali ini kita akan membahas teknik membuat pupuk organik cair dari sampah / limbah rumah tangga.

Cara Membuat Pupuk Organik

Dari mana asal Pupuk organik?

pupuk organik berasal terutama dari sampah rumah tangga seperti makhluk hidup, tumbuh-tumbuhan dan juga sayur-sayuran yang tidak layak dikonsumsi, hewan laut yang sudah basi dan lain-lain. Sampah seperti plastik kresek, Kaleng, botol-botol bekas, pembalut, popok bayi, dan limbah yang sulit busuk mestinya dipisahkan pada tempat sampah tersendiri dan tidak diikutkan di dalam pembuatan pupuk organik cair.

Sampah yang akan dijadikan pupuk juga mempunyai permasalahan seperti bau. Seperti yang sudah pernah saya sebutkan di postingan sebelumnya, cara pembuatan pupuk organik dari sampah rumah tangga hanya untuk orang-orang yang tidak gampang jijik dikarenakan bahan-bahan yang akan kita gunakan dalam pembuatan pupuk organik cair adalah limbah rumah tangga yang bentuk dan rupanya tidak sejuk di mata. Belum lagi aromanya yang mungkin akan sangat mengganggu. Meski demikian jika anda memang berniat, persoalan ini bisa disiasati dengan menggunakan masker dan sarung tangan.

Pupuk Organik cair

Pupuk organik merupakan pupuk yang berasal dari tanaman atau hewan yang telah di proses  dari berbentuk padat atau cair. Pupuk organik cair adalah larutan hasil dari pembusukan bahan-bahan organik yang berasal dari sisa tanaman dan kotoran hewan, dengan kandungan unsur hara yang majemuk. Bahan-bahan untuk membuatnya inilah yang membedakan pupuk organik dan anorganik. Hasil uji komposisi kandungan unsur hara pada pupuk anorganik biasanya lebih lengkap dan terukur dibandingkan dengan pupuk organik cair. Tetapi, meskipun kandungan hara pada pupuk anorganik lebih lengkap dibanding pupuk organik, dampak negatif penggunaan pupuk anorganik banyak sekali.

Bagaimana Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Sampah rumah tangga

Setelah kita sudah mengetahui dampak dampak yang dimiliki oleh pupuk organik cair, maka kali ini Pramuka Tanjung Anom akan memberi langkah cara membuat pupuk organik tersebut.

Cara Membuat Pupuk Organik


- Siapkan bahan bakunya, seperti sampah-sampah organik. sampah organik tersebut antara lain seperti daun daun ataupun dari limbah rumah tangga seperti sisa-sisa sayuran di pasar sayur.

- Kemudian anda bisa mencincang atau main tumbuk pada sampah hijau seperti sisa sayuran, sayuran basi, dan sebagainya.

- Siapkan tong plastik atau tong bekas wadah cat tembok ukuran 25 kilogram (kg), lengkap dengan tutupnya. Siapkan pula kantong plastik dan beri beberapa lubang sebesar 1 cm. Lubang ini untuk memperlancar sirkulasi air dalam tong.

Cara Membuat Pupuk Organik


tempat membuat pupuk organik cair

ember tempat membuat pupuk organik cair

- Siapkan EM4 untuk mempermudah proses pelarutan. Anda bisa membelinya di toko-toko pertanian atau membuatnya sendiri. Kalau anda ingin membuat sendiri berikut ini panduannya.

Bagaimana Cara Membuat Zat EM4?

Cara membuat EM4 dengan cara sederhana bisa kita lakukan seperti:

- Siapkan air yang berasal dari mata air langsung ataupun dari air sumur. Jangan menggunakan air hujan dan lainnnya agar dapat memaksimalkan kesuksesannya.

- Campurkan cincangan sampah hijau, dan air gula ke dalam tong plastik. Setelah itu campuran dimasukkan ke dalam kantong plastik yang sudah dilubangi. Kemudian masukkan kantong plastik ini ke dalam tong dan tambahkan dengan air tanah. cara membuat pupuk organik cair menggunakan limbah rumah tangga

proses pembuatan pupuk organik cair


- Jangan lupa ikat kantong plastik berisi sampah hijau itu dan tutup rapat tongnya selama kurang lebih tiga minggu.

- Setelah tiga minggu, buka tutup tong dan cek hasilnya. Jika sampah dalam tong itu tidak berbau busuk dan kelihatan menyusut berarti pembuatan pupuk organik cair anda berhasil. Angkat sampah dalam kantong plastik dan tiriskan. Anda akan mendapatkan 2 hal, sampah dari dalam plastik menjadi pupuk padat, sedangkan air dalam tong menjadi pupuk organik cair.

Demikianlah langkah-langkah membuat pupuk organik cair dari limbah rumah tangga. Kelihatannya simpel dan mudah kan? Jangan dijawab iya atau tidak sebelum anda mencobanya sendiri. Satu hal yang pasti, semua teknik dan teori di atas tidak akan mempunyai arti banyak untuk anda jika tidak pernah anda praktekkan. Karena teori hanyalah sebatas teori. Ilmu yang sebenarnya akan anda dapatkan melalui pengalaman-pengalaman dan proses trial and error.

Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca pada Blog Pramuka Tanjung Anom. Jika ada pembaca yang mempunyai pengalaman menarik seputar cara membuat pupuk organik cair jangan sungkan untuk berbagi melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Saya yakin hal itu akan bermanfaat untuk saya dan pembaca yang lain. Salam sukses untuk semua.

No comments:

Post a Comment